Cara Menanam Semangka dengan Mudah, Panen Melimpah!

Cara Menanam Semangka dengan Mudah, Panen Melimpah!

Buah yang terbilang sulit untuk ditanam adalah semangka. Memiliki harga jual yang cukup menguntungkan bagi kalangan petani. Meski sulit bukan berarti kamu tidak bisa menanam buah semangka dengan hasil penen yang berlimpah. Bagi kalian yang ingin mencoba menekuni bidang ini, Newlocalhistory sudah menyediakan beberapa cara budidaya buah semangka yang benar dan tepat!

Cara Menanam Semangka dengan Mudah, Panen Melimpah!

Cara Menanam Semangka Untuk Pemula dengan Hasil Panen Memuaskan

Cara Menanam Semangka Untuk Pemula

Salah satu jenis buah yang tidak pernah sepi pembeli adalah buah semangka. Buah ini memiliki harga yang masih terjangkau dikalangan masyarakat, selain rasanya yang enak semangka juga memiliki banyak kandungan vitami yang bagus untuk kesehatan tubuh.

  • Persiapkan lahan untuk menanam semangka

Agar semangka bisa berkembang dan berbuah dengan baik, maka kalian harus mempersiapkan lahan. Dalam memilih lahan, ada 4 hal yang harus menjadi perhatian. Yaitu : pH tanah, jenis tanah, ketinggian dan suhu daerah. Menanam semangka juga tidak bisa sembarang tanah, jenis porous sangat kami rekomendasikan. Idealnya ketinggian yang harus dimiliki adalah 100-300 meter dengan suhu kurang 25 derajat Celsius.

  • Memilih bibit berkualitas

Memilih bibit juga akan menjadi penentu hasil panen kalian, semakin bagus jenis bibit yang kalian pilih maka akan semakin baik panen yang bakal dipetik. Sekarang ini cukup mudah untuk mendapatkan bibit yang bagus. Kalian cukup pergi ke toko” buah resmi, dan minta rekomendasi bibit semangka terbaik dan cepat untuk dipanen.

  • Proses menanam bibit semangka

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah cara menanam bibit semangka. Tahapan menanamnya adalah:

  1. Memindahkan bibit ke tanah dilahan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.
  2. Setelah bibit semangka dipindahkan, maka tutup lubang tersebut dan rawat tanaman semangka hingga panen.
  • Merawat bibit semangka

Sangat banyak hal yang harus diperhatikan untuk merawat bibit semangka.

  1. Lakukan penyiangan, membuang ranting yang sudah tidak berguna, agar tidak menghalangi proses berkembang buah yang akan tumbuh.
  2. Lakukan pembubuhan supaya tanaman bisa menyerap asupan dengan maksimal.

Langkah terakhir adalah menunggu sampai hasil panen siap dilakukan, untuk artikel menarik lainnya, jangan lewatkan : Cara Budidaya Udang Galah.