Cara Menanam dan Merawat Bambu Air Yang Benar

Cara Menanam dan Merawat Bambu Air Yang Benar

Tanaman hias yang lagi hits saat ini adalah Bambu Air, bentuk nya yang simple namun elegan membuat rumah tampak menjadi semakin mewah. Tidak hanya itu, sebagian besar orang juga percaya tanaman hias berwarna hijau ini bisa membawa keberuntungan loh. Tertarik untuk menanamnya sendiri? Baca cara menanam bambu air dirumah, yang sudah tersedia dibawah ini:

Cara Menanam dan Merawat Bambu Air Yang Benar

Baca Juga: https://newlocalhistory.com/cara-berternak-kambing-kurban/

Cara Menanam dan Merawat Bambu Air Dengan Media Tanah

Bambu air mempunyai nama latin Equisetum Hyemale. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Utara, dataran Eropa dan wilayah Amerika bagian utara. Khususnya Indonesi, sehingga sangat mudah menanam tanaman ini seperti dibawah ini:

  1. Penaman ini dilakukan dengan membersihkan area atau tempat yang akan ditanami.
  2. Lakukan pengemburan media tanah, dengan mencampurkan pupuk kandang hingga merata.
  3. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 20-30 cm dengan panjang tergantung dengan pekarangan rumah yang akan ditanami tanaman bambu air.
  4. Sebelum penanaman dilakukan pilihlah batang tanaman bambu air yang sehat, tidak terserang penyakit, tidak abnormal dan bersifat unggul.
  5. Tancapkan batang tersebut kemedia tanah yang sudah di lubangi dan timbun dengan media tanah yang sudah dicampurkan pupuk kandang.

Cara Menanam dan Merawat Bambu Air Dengan Media Tanah

Lakukan pemeliharaan dan perawatan dengan baik dan tepat

Setelah tanaman sudah tumbuh, bambu air harus tetap dirawat agar tumbuh dengan baik dan subur. Semakin baik Anda merawat nya, maka kualitas tanaman akan semakin baik, lebat, dan berwarna sangat hijau.

  • Menjaga kadar air pada tanaman dengan baik, jangan sampai kekeringan pada media tanam karena tanaman bambu bersifat suka media tanah banyak mengandung air. Selain itu air juga jangan terlalu banyak, dari bawah keatas 10-15cm banyaknya air sudah cukup.
  • Melakukan sanitasi/menjaga kebersihan media tanam dari gulma (tanaman penganggu) disekitar tanaman. Agar lebih indah sebenarnya kamu juga bisa menaruh beberapa ikan hias didalam air tanaman ini. Sehingga bambu air mu menjadi lebih cantik dan berbeda dari yang biasanya.
  • Memberikan pupuk dasar dan susulan untuk meningkatkan kesuburan media tanam dan pertumbuhan tanaman.
    Melakukan pencegahan hama dan penyakit yang menyerang tanaman bambu air. Memberikan pupuk ini bisa dilakukan sebelum mengganti air dengan yang baru, berilah jumlah pupuk sebanyak jumlah tanaman.