Tips Cara Menanam Jahe Untuk Pemula

Tips Cara Menanam Jahe Untuk Pemula

Jahe salah satu tananam yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia, dan juga sering dijadikan bahan masakan.

Selain itu jahe juga bisa dijadikan bahan kue lezat yang biasanya disajikan ketika Natal atau acara besar lainnya.

Dengan segudang manfaat yang dari jahe, wajar apabila dirinya masuk ke dalam jajaran rempah favorit. Mari simak berikut ini tips menanam dan merawat tanaman jahe.

Tips Cara Menanam Jahe Untuk Pemula

Tips Cara Menanam Jahe Dengan Hasil Panen Berkualitas

budidaya tanaman jahe

  • Pemilihan bibit

Pemilihan bibit yang menjadi langkah paling awal sangat penting untuk diperhatikan, karena jenis bibit akan menjadi penentu kualitas dari hasil panen di akhir nanti.

Gunakan bibit jahe dari tanaman yang sehat dan tidak terinfeksi penyakit. Sebaiknya gunakan rimpang jahe dari tanaman yang sudah tua, berusia 9 atau 10 bulan, karena itu merupakan rimpang yang baik untuk bibit.

  • Persiapan Pot dan Media Tanam

Siapkan pot berisi tanah yang gembur, pastikan ukuran tanah potnya lebih dari 30 cm x 35 cm agar tanahnya tidak ambles ke bawah saat sedang disiram.

Sebelum menanam bibit jahe, pastikan kepadatan tanah sudah sempurna, pada satu pot, bisa menumbuhkan 3 – 4 jahe.

  • Menanam Jahe
  1. Lakukan penanaman dengan jarak tanam 40 x 50 cm untuk jahe gajah dan 30 x 40 cm untuk jahe emprit/jahe merah dengan kedalaman 5 – 10 cm.
  2. Letakkan bibit ke dalam lubang tanam dengan posisi rebah dan tunas menghadap ke atas.
  3. Menutup lubang tanam dengan tanah dan dipadatkan
  • Pemupukan

Untuk meningkatkan unsur hara, memperbaiki tekstur dan aerasi tanah dalam meningkatkan hasill rampang/umbi maka perlu dilakukan pemupukan.

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Pada masa pertumbuhan, tanaman jahe membutuhkan banyak air. Serta jaga kondisi media tanam agar jangan sampai kering.

  • Pemanenan

Dengan cara menanam jahe lewat media pot, waktu panennya biasanya sekitar 10 -12 bulanan, dengan umbi yang akan tumbuh sebesar 60 -120 cm. Namun, ada juga jahe yang dipanen saat baru berusia 4 bulan untuk diolah menjadi minuman atau asinan. Namun, kamu harus berhati-hati ketika memanen jahe yang masih muda karena kulitnya tipis dan mudah memar.